-->

Mengetahui Perbedaan Jaringan 2G, 3G, dan 4G/LTE

DHANYRPEBS - Halo sobat semuanya.. Selamat datang di artikel saya kali ini. Pada artikel ini saya ingin membahas tentang Perbedaan Jaringan 2G, 3G, dan 4G/LTE yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga sobat - sobat semuanya.

                                             Mengetahui Perbedaan Jaringan 2G, 3G, dan 4G/LTE

Jaringan 2G, 3G, dan 4G tentunya sudah sering sekali kita lihat atau kita temui di Smartphone Android kita. Biasanya terletak pada icon sinyal di statusbar. Seringkali juga kita melihatnya bergonta ganti mulai dari E,H+, dan LTE. Apa sebenarnya arti dari semua itu?.

Mungkin yang biasanya sobat ketahui adalah jika sinyal menunjukkan simbol E atau 2G maka kecepatan akses Internet akan lambat dan jika sinyal menunjukkan simbol LTE atau 4G maka akses internet akan lebih cepat dan stabil.

Dari situ saja mungkin sobat sudah bisa berasumsi bahwa Jaringan E atau 2G adalah jaringan yang lambat dan jaringan LTE atau 4G adalah jaringan yang paling cepat. Untuk selengkapnya silahkan sobat simak ulasannnya dibawah ini.

Mengetahui Perbedaan Jaringan 2G, 3G, dan 4G/LTE

                                Mengetahui Perbedaan Jaringan 2G, 3G, dan 4G/LTE

1. Jaringan Edge atau 2G

Jaringan Edge atau 2G ini di smartphone android biasanya ditandai dengan simbol E pada Statusbar letak sinyal berada. EDGE sendiri adalah singkatan dari Enchanted Data Rate for GSM Evolution. Jaringan ini merupakan generasi selanjutnya dari jaringan GPRS yang merupakan awal dari jaringan yang digunakan pada telepon genggam GSM. Pada umumnya jaringan jenis ini terasa sangat lambat sekali karena memang kecepatan transfer datanya hanya antara 120Kbps hingga 384Kbps. Tidak heran jika proses untuk mengakses internet dengan smartphone kita terasa sangat lambat sekali.

2. Jaringan H+ atau 3G dan 3.5G

H+, HSDPA, HSUPA atau 3G dan 3.5G adalah perkembangan dari Edge atau 2G. Jaringan ini biasanya memiliki simbol 3G atau juga H+ jika 3.5G. Jenis jaringan ini adalah jaringan yang masih sangat banyak digunakan oleh para pengguna Smartphone saat ini walaupun sudah ada yang lebih cepat yaitu 4G atau LTE. Namun karena teknologi jaringan LTE masih bisa dibilang baru dan penyebarannya belum menyebar ke pelosok Indonesia, maka jaringan ini masih banyak digunakan setiap harinya. Kecepatan transfer data pada jaringan ini sudah lumayan cepat yaitu mulai dari 384Kbps hingga 2Mbps untuk 3G, dan 600Kbps hingga 10Mbps untuk jaringan 3.5G (HDSPA,HSUPA,H+). Dengan kecepatan seperti itu rasanya sudah cukup untuk berselancar di Internet dengan tenang.

3. Jaringan 4G atau LTE

Jaringan 4G atau LTE adalah jaringan yang baru saja hadir di Indonesia dan merupakan jenis jaringan dengan kecepatan transfer yang paling cepat yaitu mencapat 100Mbps sehingga tidak heran jika kecepatan akses internet di Smarpthone kita menjadi sangat cepat sekali dibandingkan jaringan lainnya. Namun sayangnya jaringan ini masih belum bisa dinikmati di beberapa daerah pelosok yang ada di Indonesia karena belum meratanya penyebaran jaringan 4G atau LTE ini oleh para Provider yang ada di Indonesia. Selain itu juga hanya Smartphone kelas menengah keatas saja yang bisa mendukung jaringan ini sedangkan pengguna Smartphone lama hanya bisa menggunakan jaringan sebatas pada tingkat H+ saja.


Nah itulah dia sobat Perbedaan Jaringan 2G, 3G, dan 4G/LTE dengan artikel ini saya harap sobat lebih bisa memahami tentang jaringan - jaringan yang biasanya ada pada Smartphone Android di Indonesia. Silahkan sobat share artikel ini dengan menggunakan tombol share dibawah dan jangan lupa juga untuk meninggalkan komentar. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ke blog saya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengetahui Perbedaan Jaringan 2G, 3G, dan 4G/LTE"

Post a Comment