-->

Cara Mudah Menambah Kapasitas Ram Komputer atau Laptop

Halo sobat bloger semua.... Selamat datang di artikel baru saya kali ini. Pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah Cara Mudah Menambah Kapasitas Ram Komputer atau Laptop sobat semua. 

Ram memanglah tergolong sebuah bagian yang sangat penting pada Komputer ataupun Laptop. Tanpa RAM ini mana mungkin Komputer sobat bisa dijalankan dengan baik. Program yang ada di dalam Komputer pun mustahil untuk dijalankan jika tanpa adanya RAM.

Apa Fungsi RAM Sebenarnya?

Pada Komputer atau Laptop RAM berfungsi sebagai perangkat untuk menyimpan sebuah proses atau aktivitas dari sebuah program yang sedang berjalan. Dengan adanya RAM ini maka Program yang terinstall di Komputer sobat bisa berjalan.

Namun kemampuan untuk menjalankan seberapa banyak dan seberapa berat program yang dapat di jalankan oleh RAM ini tergantung pada kapasitas RAM itu sendiri. Kapasitas RAM yang terlalu kecil tidak akan bisa digunakan untuk proses Multitasking yang cukup berat. Seperti editing Video dan Melakukan browsing, jika proses program yang dijalankan melebihi kapasitas RAM maka Komputer sobat bisa Hang atau paling tidak Not Responding.


Di artikel ini saya akan memberikan Rahasia untuk Menambah Kapasitas RAM di Komputer atau Laptop sobat dengan mengambil sebagian kapasitas Hardisk yang ada pada Komputer sobat. Memang secara fisik cara ini tidak akan menambah kapasitas RAM dengan Sebenarnya, namun cara ini bisa berguna untuk membuat VRAM atau Virtual RAM yang berfungsi untuk membantu RAM ketika kehabisan kapasitas. Jika RAM kita penuh maka Virtual RAM ini akan ikut melakukan proses penyimpanan aktivitas Program yang di jalankan sehingga Komputer sobat tidak mengalami Hang.

Baiklah jika sobat penasaran bagaimana caranya, Silahkan simak tutorial dibawah ini.

Cara Menambah Kapasitas RAM

  • Buka jendela windows explorer. Windows explorer ini sendiri adalah program yang biasanya sobat gunakan untuk mengeksplorasi hardisk atau file file sobat.
  • Klik kanan pada This PC. Jika di windows 7 tulisannya adalah My Computer. Silahkan sobat klik Properties
          

  • Akan muncul jendela System Properties. Silahkan sobat klik Advanced System Setting.
          

  • Pergi ke tab Advanced. Pada menu Performance yaitu yang berada paling atas sendiri, klik Setting.
  
          

  • Silahkan masuk ke tab Advanced lagi lalu di bawah akan ada menu tentang VRAM yang tadi saya maksud untuk membantu RAM Komputer sobat. Klik Change untuk mengubah kapasitas VRAM yang akan digunakan. 

          

  • Centang pada bagian Custom size, lalu di Initial size masukkan kapasitas yang akan di gunakan untuk VRAM. Saran saya gunakan kapasitas sebanyak dua kali lipat kapasitas RAM sobat, misal jika RAM 2GB maka masukkan jumlah kapasitas 4GB atau 4000. Untuk Maximum sized gunakan saja kelipatan dari Initial size. Lalu silahkan Klik set dan OK.
         

  • Terakhir yang harus sobat lakukan adalah Me restart Komputer atau Laptop sobat. Dan silahkan rasakan Perbedaannya.

Itulah Cara Mudah untuk Menambah Kapasitas RAM Komputer atau Laptop sobat. Semoga artikel yang saya tulis kali ini bermanfaat untuk sobat semua. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya kali ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Menambah Kapasitas Ram Komputer atau Laptop"

Post a Comment