-->

Jurusan IT yang Umumnya Terdapat di SMK

DHANYRPEBS - Halo sobat semuanya selamat datang di artikel saya kali ini. Pada artikel ini saya akan membahas mengenai Jurusan IT yang Umumnya Terdapat di SMK yang perlu sobat ketahui jika anak atau mungkin sobat sendiri ingin masuk ke bidang IT yang ada di SMK.

Jurusan Bidang IT yang Biasanya Ada di SMK

SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan merupakan tingkatan sekolah yang lebih tinggi dari SMP tepatnya diatasnya. SMK juga setara dengan SMA namun bedanya adalah SMA lebih fokus pada teori sedangkan di SMK lebih terfokus pada Praktik kejuruannya. SMK benar-benar mempersiapkan murid-muridnya untuk menghadapi dunia kerja sedangkan SMA lebih menjurus pada pengetahuan dan masih harus melanjutkan kembali ke jenjang yang lebih tinggi seperti misalnya Kuliah.

Di SMK sendiri terdapat banyak sekali paket kejuruan yang dibagi menurut bidangnya masing-masing, ada bisnis management atau bisment, Kimia, dan Teknik Informasi atau IT. Setiap bidang tersebut memiliki jurusan tersendiri. Nah khususnya didalam bidang IT yang akan saya bahas disini umumnya terdapat 3 Jurusan pada bidang IT yaitu TKJ (Teknik Komputer Jaringan), RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), dan MM (Multimedia). Setiap jurusan tersebut memiliki fokus tersendiri tergantung dari tujuan dan minat siswa.

Nah bagi sobat yang tertarik untuk masuk ke sekolah SMK dan menuju bidang IT silahkan simak Jurusan IT yang Umumnya Terdapat di SMK yang perlu sobat ketahui.

Jurusan IT yang Umumnya Terdapat di SMK

1. TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

Jurusan IT yang Umumnya Terdapat di SMK

Yang pertama adalah TKJ atau Teknik Komputer Jaringan. Biasanya jurusan ini menjadi bidang IT pilihan utama yang banyak diminati oleh siswa SMK seperti yang ada di SMK saya sendiri. Yang mana TKJ menjadi jurusan paling farvorit. TKJ sendiri memiliki fokus kepada konsep pembuatan jaringan atau membuat jaringan. Didalam jurusan ini siswa akan diajar untuk mengenal seluk beluk komputer mulai dari Hardware-nya dan diajarkan untuk membentuk sebuah jaringan komputer seperti membuat jaringan WiFi, jaringan Kantor, Warnet, dan hal-hal yang berhubungan dengan jaringan lainnya. Jika ingin melanjutkan ilmu  TKJ ke jenjang kuliah maka jurusan yang bisa diambil adalah Informatika atau jurusan IT lainnya yang ada di universitas.

2. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Jurusan IT yang Umumnya Terdapat di SMK

Yang kedua adalah RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak. Jurusan ini juga banyak ditemui di beberapa SMK besar yang ada di Indonesia. Jika jurusan TKJ fokus pada hardware dan jaringan maka jurusan ini lebih terfokus pada software dan pembuatan aplikasi atau Coding. Pada jurusan ini siswa akan diajari tentang pemuatan sebuah software mulai dari bahasa pemrograman, coding, hingga tahap pembuatan sebuah software. Selain software siswa juga di beri kemampuan untuk membuat sebuah website yang nantinya bisa digunakan di Internet atau dijual ke pasaran. Menurut saya sendiri jurusan ini cukup keren karena memberi peluang usaha yang cukup besar.

3. MM (Multimedia)

Jurusan IT yang Umumnya Terdapat di SMK

Yang terakhir adalah MM atau Multimedia. Jika RPL membuat software maka MM adalah menggunakan software haha. Kenapa seperti itu ?. Karena pada jurusan MM siswa difokuskan pada aktivitas desain grafis atau juga tentang hal-hal yang berhubungan dengan grafis dan fotografi. Biasanya di jurusan ini siswa akan diajari tentang membuat sebuah logo, mengedit foto dan video, hingga membuat sebuah film. Jurusan ini sangat cocok bagi orang yang suka bermain dengan kamera atau hal-hal yang berbau fotografi. Peluang usaha yang bisa dibentuk dari jurusan ini juga cukup banyak seperti fotografer, broadcaster, kameramen, jurnalis, dan lain-lain.


Nah itulah sobat pembahasan mengenai Jurusan IT yang Umumnya Terdapat di SMK yang bisa sobat pilih jika ingin memasuki jurusan IT di SMK, pastikan sobat masuk sesuai dengan minat dan bakat yang sobbat miliki dan jangan sampai salah memilih. Silahkan share artikel ini dengan menggunakan tombol share dibawah dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jurusan IT yang Umumnya Terdapat di SMK"

Post a Comment