-->

Cara cek bagian ssl yang belum https


Halooo sobat blogger! pada postingan kali ini saya akan membagikan cara untuk mengecek bagian ssl yang masih belum HTTPS. taukah sobat apa itu https? singkatnya https adalah sebuah protocol untuk web sama seperti http. Tapi bedanya https memiliki enkripsi dan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Untuk menggunakan https kita perlu membuat yang namanya certificate untuk kita pasang pada https kita nantinya.

Pengetahuan tentang https ini saya dapatkan dari luar sekolah yaitu pada saat kegiatan PKL di sebuah tempat hosting di dekat kota saya, disana saya mendapat tugas untuk membuat sekaligus mengecek bagian web mana saja yang masih belum https dan butuh perbaikan. Kemudian akhirnya saya ter dorong untuk membagikan pengetahuan saya tersebut kepada para sobat semua.

Pasti diantara kalian ada yang sedang membuat web dan menggunakan HTTPS .Tahukan kalian bahwa ada beberapa Web yang HTTPS nya tidak seluruhnya berjalan pada bagian Web?. Untuk mengetahui apakah HTTPS yang kalian gunakan sudah berjalan sepenuhnya kalian bisa melihat tutorial dibawah ini...


1.Buka web anda yang sudah di pasangi ssl, jika gambar gembok tidak berwarna hijau, atau ada tanda seru berarti ada bagian web anda yang masih belum https. gambar gembok yang dimaksud ada di samping address bar dekat dengan nama web yang sedang sobat buka.


2.Untuk melihat bagian yang belum https anda klik kanan di halaman web pada browser anda lalu klik inspect element, inspect elemen ini merupakan tools yang ada pada setiap browser untuk melihat code script atau beberapa informasi dari sebuah halaman web.


3.Maka akan muncul sebuah jendela baru disana adalah tempat sobat untuk melihat informasi tentang detail halaman yang sedang sobat tampilkan. Klik network lalu refresh web anda, maka akan tampil informasi apakah halaman web sudah sepenuhnya menggunakan https atau masih ada yang http saja. Tentunya dengan melihat informasi yang tertulis disana sobat sudah bisa mengetahui bagian manakah yang belum https dan segera melakukan perbaikan.


Begitulah cara untuk mengecek bagian web yang belum https. Sangat mudah bukan? sobat bisa mempraktikkannya untuk mengecek kondisi https di web sobat sendiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat semua. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara cek bagian ssl yang belum https"

Post a Comment