-->

Perbandingan Blogspot dengan Wordpress yang Perlu Diketahui

DHANYRPEBS - Halo sobat blogger selamat datang di artikel saya kali ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Perbedaan Blogspot dengan Wordpress yang Perlu Diketahui. Kedua hal yang saya bahas ini bisa dibilang sebagai tempat untuk para Blogger atau Asal dari sebuah Blog milik blogger blogger di seluruh dunia.

                                    Perbandingan Blogspot dengan Wordpress yang Perlu Diketahui

Blogger dan Wordpress adalah sama sama sebuah CMS yang sering digunakan untuk membuat sebuah blog oleh para blogger di dunia Internet. Kedua CMS ini memiliki persaingan ketat dan keduanya sangatlah populer di mata para pengguna Internet.

Lalu apakah sebenarnya CMS itu??. Singkatnya CMS atau Content Management System adalah sebuah sistem yang memberikan fasilitas atau memfasilitasi proses pembuatan, pengelolaan, pembaruan dan publikasi konten secara bersamaan. Konten tersebut bisa berupa Teks, Gambar, Video atau lainnya yang sangat perlu dikelola dengan tujuan untuk memudahkan proses pembuatan hingga pemublikasian konten tersebut.

Sebenarnya ada banyak CMS yang banyak digunakan saat ini. Namun di artikel ini saya hanya akan menjelaskan perbedaan dari CMS yang sering digunakan untuk aktivitas blog saja. Jika sobat penasaran silahkan langsung saja simak Perbedaan Blogspot dengan Wordpress yang Perlu Diketahui.

Perbandingan Blogger dengan Wordpress yang Perlu Diketahui

1. Dari Segi Theme/ Template

Dalam CMS Blogspot maupun Wordpress tersedia banyak sekali Tema atau Template yang tersedia dan bertebaran di Internet. Perbedaannya adalah bahwa ternyata untuk CMS Blogspot template yang gratis lebih banyak tersedia di Internet, sedangkan pada wordpress sangat sulit menemuka Tema gratis yang bagus untuk Blog dengan CMS Wordpress. Dalam CMS Wordpress theme yang lebih banyak adalah theme premium atau berbayar dengan hal ini mungkin para pecinta gratisan akan lebih memilih ke CMS Blogspot. Namun ada sedikit perbedaan dalam Theme di Wordpress dengan Template Blogspot. Wordpress memiliki theme yang bisa di Update atau di tingkatkan versinya ke yang lebih baru tanpa harus memasang ulang theme, sedangkan di Blogspot untuk memperbarui template kita harus mencopot dulu template yang kita gunakan kemudian menggantinya dengan template yang lebih baru dan harus kita setting kembali penempatan Gadget dan Tata letaknya.

2. Dari Segi Widget atau Plugin

Dalam segi Widget dan Plugin disini saya berani menjamin bahwa CMS Wordpress lebih unggul dari pada Blogspot. Karena apa?. Karena pada Blogspot pengguna hanya bisa menggunakan Gadget dari bawaan CMS Blogspotnya sendiri, selain itu pengguna harus mencoding sendiri Widget yang akan diciptakan sendiri. Sedangkan di Pihak Wordpress ada banyak sekali tersebar Plugin dari luar atau dari pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan isi dari Blog dan membantu agar blog lebih cepat diakses. Tetapi tidak semua Plugin di Wordpress itu gratis, ada juga yang berbayar dan tergolong mahal hanya untuk sebuah Plugin atau Widget.

3. Dari Segi SEO Friendly

Hal yang berkaitan dengan SEO atau Search engine Optimization juga adalah faktor yang benar benar di kedepankan oleh banyak orang. Di CMS Blogger dan Wordpress juga kita bisa melakukan optimasi SEO pada blog kita. Di blogger memang kita diberi fasilitas untuk SEO dengan memberi deskripsi penulusuran dan juga ALT text pada Image. Sedangkan pada CMS Wordpress kita bisa menggunakan Permanent Link yang bisa kita modifikasi menjadi sesingkat mungkin agar blog menjadi lebih SEO Friendly.

4. Dari Segi Statistik Kunjungan

Bisa dibilang disini Blogspot lebih unggul karena terhubung langsung dengan mesin pencari yang paling banyak digunakan yaitu Google Search sehingga data statistik visitor yang masuk menjadi Real time dan lebih akurat. Berbeda dengan wordpress yang tidak memiliki mesin pencari sendiri sehingga pengguna perlu untuk memasang Plugin Statistik sendiri yang kemampuannya masih belum terjamin dibandingan dengan integrasi Google Search pada Blogspot.

5. Kenyamanan untuk Mengedit Gambar

Di Wordpress ada sebuah fitur yang tidak dimiliki oleh Blogspot yaitu adalah fitur Image Editor. Pada wordpress pengguna diberi fitur untuk mengedit gambar atau Image yang akan mereka pasang di artikel mereka, sedangkan di Blogspot fitur tersebut tidak ada sehingga pengguna masih harus mengedit gambar yang akan mereka pasang dengan aplikasi atau software lain yang terpasang di perangkat mereka secara Offline.

6. Penulisan Artikel

Untuk penulisan artikel secara Offline biasanya para blogger menggunakan software word editor yaitu MS.Word, namun Blogspot tidak lah mendukung pengetikan tulisan dari MS.Word, akibatnya ketika di tempel di Blogspot maka tulisan akan mengalami banyak kecacatan dan gambar juga tidak akan ikut ter tempel sehingga kita harus memasukannya secara manual. Berbeda dengan Wordpress yang sudah bisa mendukung format pengetikan dari Ms.Word sehingga para penulis Offline akan lebih nyaman untuk menempel artikel mereka untuk segera di publikasikan setelah Online.

Kesimpulan

Dari berbagai perbandingan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa kedua CMS ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Namun hal yang menonjol adalah.
CMS Blogspot cocok digunakan untuk Blogger yang baru terjun ke dunia blog karena tidak terlalu ribet dan lebih mudah juga memiliki banyak dukungan dengan penggunanya yang banyak.
Sedangkan CMS Wordpress sepertinya di khususkan oleh para professional karena fitur fitur yang ditawarkan bersifat Premium dengan banyak sekali hal yang harus dibeli atau berbayar. 


Nah sobat blogger itulah beberapa Perbandingan Blogspot dengan Wordpress yang Perlu Diketahui semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan sobat untuk memilih manakah CMS yang akan sobat gunakan pada Blog yang nanti akan sobat buat. Silahkan share artikel ini melalui tombol share dibawah dan jangan lupa tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di Blog saya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbandingan Blogspot dengan Wordpress yang Perlu Diketahui"

Post a Comment