-->

Apa itu Bad Sector pada Hardisk dan Cara Mencegahnya

DHANYRPEBS - Halo sobat semuanya selamat datang di blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pengetahuan baru mengenai kendala yang biasanya terjadi pada hardisk, yaitu tentang Apa itu Bad Sector pada Hardisk dan Cara Mencegahnya yang perlu sobat ketahui sebagai pemilik perangkat komputer atau laptop yang menggunakan media penyimpanan Hardisk.


Mungkin saat sobat sedang enak memainkan atau bekerja menggunakan komputer milik sobat tapi secara tiba - tiba muncul pesan yang mengindikasikan bahwa hardisk sobat mengalami bad sector. Kesalahan biasanya ditandai sebagai “CRC” alias “Cyclic Redundancy Error””. Berbagai file data yang tersimpan akan hilang, tak bisa dibaca atau rusak serta tak bisa untuk mengakses file dan folder tertentu. Ini mungkin adalah penyebab persoalan bad sector. 

Sektor adalah ruangan penyimpanan pada hard disk. Bad Sector adalah sektor pada disk dimana data tak bisa ditulis alias dibaca karena kerusakan fisik alias inkonsistensi paritas dalam pemeriksaan bit pada disk. Hal ini menyebabkan setiap data yang ditulis atau disimpan pada sektor hardisk menjadi hilang atau rusak. Namun biasanya hardisk yang mengalami bad sector biasanya masih bisa digunakan jika bad sector yang ada didalam hardisk tersebut masih sedikit.

Ada berbagai penyebab Bad sector antaralain :
  1. Melemahnya magnetik dari piringan hardisk serta kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet sehingga hardisk menjadi tidak mampu untuk menyimpan data.
  2. Dampak dari guncangan alias getaran, dimana saat kamu mengoperasikan komputer, serta saat hardisk sedang meperbuat proses baca serta tulis, bila terjadi goncangan alias getaran, bisa menyebabkan head menggesek piringan dari hardisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, dan terjadilah bad sector.
  3. Daya listrik yang menurun dengan cara tiba-tiba saat hardisk meperbuat proses baca serta tulis, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi dengan cara tiba-tiba, dimana head bisa menggesek piringan hardisk
  4. Dampak dari susunan file pada hardisk tak teratur, jadi head tak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan suatu  software, yang lama-kelamaan head bisa menggesek plater dari hardisk serta mengdampakkan bad sector pada hardisk
Bad sector tersebut mempunyai kecenderungan untuk menyebar serta biasanya tak bisa diperbaiki. Ketika Bad sector menyebar, bisa menyebabkan ketidakstabilan sistem ketika file sistem penting lainnya rusak. Data yang rusak ringan tetap bisa diperbaiki dengan berbagai aplikasi.
Tanpa kamu ketahui, bad sector juga bisa dikarenakan oleh pemeriksaan Parity yang kurang baik saat menyalin bit pada disk. Pada hardisk modern data bakal disimpan dengan cara transparan serta bakal menyimpan menyimpan Parity bit bersama-sama dengan data. Ketika data dibaca, bit paritas juga diambil serta dibandingkan untuk menjamin integritas data. Faktor ini berjalan tanpa sepengetahuan user. Ketika bit parity rusak untuk berbagai alasan, kemudian bakal berdampak pada kesalahan bad sector. Dalam faktor ini, melewati berbagai perangkat lunak perbaikan proprietary, ADRC sangatlah bisa membenahi bad sector tanpa kehilangan data dengan mengoreksi alias menulis ulang bit-bit Parity yang rusak pada disk.

Sangat tak jarang bad sector bisa terjadi sebagai dampak dari head gagal dalam meperbuat proses baca serta tulis. Ketika head gagal dapam proses membaca serta menulis serta menafsirkan sinyal magnetik normal, tidak hanya itu bad sector juga bisa terjadi sebab tanda-tanda awal disk crash sebab mengalami penurunan kinerja.

Solusi untuk Persoalan Bad Sector Apabila disk tetap bekerja dengan baik, segera backup data penting untuk menghindari hilangnya data lebih lanjut. Apabila sistem merespon kemacatan data saat kamu mengcopy data yang penting itu berarti data kamu ada tersimpan pada lokasi bad sector tersebut serta sulit dikembalikan.

Umumnya, proses format penuh wajib bisa “menutupi” bad sector alias mengalokasikan sektor kurang baik dalam tabel alokasi file. serta kamu bisa semakin memakai disk sementara sistem operasi bakal memperhatikan lokasi bad sector serta menghindari sector tersebut.

Utilitas lain semacam CHKDSK umum yang disediakan oleh Sistem Operasi Windows bisa menolong untuk mendeteksi serta menandai bad sector. Selagi scan pada permukaan piringan hardisk, head bakal mencoba untuk menulis data ke sektor itu serta kemudian membaca kembali apakah bekerja alias tidak. Apabila proses baca serta tulis tak bisa diperbuat, sektor ini ditandai sebagai bad sector sebab tak bisa dipakai. Sistem operasi bakal mencatat sektor tertentu serta menghindari penggunaan sektor tersebu. Seusai itu, bad sector bakal dipetakan ke sektor khusus pada drive yang disediakan.

Untuk mengecek bad sector pada hardisk, kamu bisa meperbuatnya dengan tutorial :
  1. Double klik My Computer, kemudian klik kanan partisi hardisk anda, contohnya C, D alias E yang ingin kamu periksa.
  2. Kemudian Klik Properties, Lalu klik tombol Tools.
  3. Selanjutnya klik Check now.
Bila kamu temukan Bad sector pada hardisk anda, bagaimana tutorial memperbaikinya?

Bila bad sector pada hardisk kamu tetap bad sector yang ringan kamu bisa memperbaikinya dengan tutorial :
  1. Memakai fasilitas check now diatas, serta pilih fasilitas repair
  2. Memakai berbagai aplikasi semacam HDD Regenerator, alias aplikasi Low Level Format
Aoakah setiap hardisk akan selalu terkena Bad Sector ?. Sebenarnya ada cara pencegahan yang bisa sobat semua lakukan supaya hardisk yang ada didalam komputer atau laptop sobat tidak sampai terkena yang namanya bad sector. Cara tersebut antara lain adalah :

Cara Mencegah Bad Sector 

1.Jangan matikan Laptop atau Komputer tanpa menggunakan Shutdown. Ini adalah hal pertama yang harus sobat semua perhatikan, mungkin banyak sekali yang sudah terbiasa mematikan laptop atau komputer dengan langsung menekan tombol power tanpa menggunakan fitur shutdown yang ada pada sistem operasi. Melakukan shutdown seperti itu akan membuat hardisk yang masih bekerja pada komputer atau laptop menjadi kehilangan daya listrik secara tiba tiba sehingga menyebabkan bad sector pada hardisk.

2. Rutin Men-Defrag Hardisk. Fitur defrag selalu ada pada sistem operasi windows yang sobat semua gunakan, namun sangat jarang sekali ada orang yang menggunakan fitur ini dan bahkan ada yang tidak tau mengenai fungsi dari defrag itu sendiri. Dengan melakukan defrag semua file file yang terindex pada hardisk akan disusun sesuai dengan kategorinya, hal ini akan membuat kondisi hardisk lebih baik dan menambah kemampuan kinerja pada hardisk.

3. Melakukan Partisi pada Hardisk. Kalau yang satu ini saya sendiri yakin sudah banyak yang melakukannya, dengan melakukan partisi maka hardisk bisa lebih efisien penggunaannya. File - file yang ada tidak akan bertumpuk pada satu bagian hardisk saja, selain itu jika terjadi kerusakan pada salah satu partisi maka masih ada partisi lainnya untuk digunakan menyimpan atau membackup file.

4. Hindari Benturan dan Guncangan. Hardisk sangat sensitif sekali dengan yang namanya guncangan, apalagi saat hardisk sedang bekerja dan tiba - tiba terjadi guncangan yang menyebabkan head pada hardisk menggores piringannya, hal ini tentu saja akan langsung menyebabkan bad sector pada hardisk.

5. Pasang Antivirus. Saya yakin pasti sobat sudah pada tau kan pentingnya software antivirus. Hardisk juga bisa mengalami kerusakan akibat virus yang akan menyebar didalam hardisk. Maka dari itu sobat perlu memasang software antivirus agar komputer atau laptop sobat bebas dari serangan virus.

6. Hindari Menggunakan Laptop diatas Kasur. Menggunakan laptop diatas kasur juga bisa menyebabkan kerusakan. Saat menggunakan laptop diatas kasur biasanya lubang ventilasi tempat keluarnya udara dari dalam laptop menjadi tersumbat sehingga suhu laptop akan meningkat dan menyebabkan overheat yang bisa merusak berbagai komponen didalam laptop.


Nah itulah sobat penjelasan mengenai Apa itu Bad Sector pada Hardisk dan Cara Mencegahnya. Silahkan sobat coba terapkan cara cara yang saya jelaskan diatas supaya hardisk yang sobat gunaakn untuk menyimpan file bisa terhindar dari bad sector. Silahkan share artikel ini dengan menggunakan tombol share dibawah dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar. terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu Bad Sector pada Hardisk dan Cara Mencegahnya"

Post a Comment