-->

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan dari SSD (Solid State Drive)

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan dari SSD 

(Solid State Drive)


Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan dari SSD

DHANYRPEBS - Halo para sobat semuanya selamat datang di artikel saya kali ini. Pada artikel ini saya akan memberikan sebuah pengetahuan baru untuk sobat pembaca semuanya. Di dalam kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang Kelebihan dari SSD atau Solid State Drive yang merupakan salah satu media penyimpanan terbaik dan jarang diketahui.

"Solid State Drive" atau biasa di singkat dengan SSD ini merupakan salah satu media penyimpanan pada perangkat komputer atau laptop sebagai pengganti dari media penyimpanan Hardisk atau HDD karena memang jauh lebih unggul daripada hardisk. SSD atau Solid State Drive memang jarang ditemukan di dalam PC atau Laptop orang - orang pada umumnya karena setiap kali orang membeli langsung PC atau Laptop maka media penyimpanan yang disediakan selalu saja Hardisk, hal itu karena SSD memiliki beda harga yang sangat jauh daripada hardisk sehingga banyak yang lebih memilih hardisk. Penggunaan SSD ini biasanya ada di sebuah komputer server yang mengutamakan performa kecepatan pengaksesan file dan pada komputer atau laptop gaming.

Mengenai ukurannya, SSD memiliki ukuran 2,5" yang sama dengan ukuran HDD yang ada pada laptop. Namun bukan berarti dengan ukuran 2,5" SSD tidak bisa dipasang pada komputer. Untuk memasangnya pada komputer maka sobat memerlukan perangkat tambahan yaitu adapter 3,5" agar SSD bisa dipasang pada perangkat komputer.

Lalu jika sama - sama media penyimpanan, apakah yang membedakan SSD dengan HDD ?. Dari segi fungsi SSD dan HDD memang sama yaitu merupakan media penyimpanan. Namun komponen yang ada didalam SSD dan HDD sangatlah berbeda. Komponen yang ada didalam hardisk menggunakan disc atau piringan yang berputar dalam proses kerjanya, jadi tidak heran kalau terkadang ada bunyi atau getaran pada komputer atau laptop yang menggunakan HDD, itu disebabkan oleh piringan hardisk yang sedang berputar. Sedangkan pada SSD komponen didalamnya terdiri dari kumpulan memori yang disusun dalam satu board yang mirip dengan RAM atau Flashdisk. Jadi, didalam SSD ini tidak ada disc atau piringan yang berputar.

Begitulah sobat sedikit gambaran mengenai SSD, bagi yang penasaran tentang keunggulan dan kekurangan yang dimiliki SSD dibandingkan dengan Hardisk silahkan simak baik - baik pembahasannya pada tulisan yang sudah saya ketikkan dibawah ini.

Kelebihan dari SSD (Solid State Drive)

1. Performa Lebih Cepat. Perbedaan paling besar dan paling mendasar antara SSD dan HDD adalah dari segi performanya. Kecepatan membaca dan menulis atau Read and Write yang ada di SSD ini jauh lebih cepat dibandingkan HDD. Bisa dipastikan dengan mencoba mengadu kecepatan untuk membuka program yang berat atau menghitung waktu booting dari Windows, pastilah yang lebih cepat adalah SSD. Hal ini sudah pasti karena memang sudah bisa dilihat dari komponennya yang sudah menggunakan chip sedangkan HDD masih menggunakan piringan.

2. Tidak Mengeluarkan Bunyi. Seperti yang saya jelaskan tadi bahwa HDD menggunakan piringan yang dalam prosesnya piringan tersebut akan berputar sehingga mengeluarkan getaran atau bunyi yang cukup mengganggu. Nah karena SSD tidak menggunakan piringan maka bunyi dan getaran yang mengganggu tersebut tidak akan sobat alami pada komputer atau laptop yang menggunakan SSD.

3. Lebih Ringan. Sering membawa Hardisk External yang berat ?. Jika iya maka perlu lah sobat untuk mulai mengganti hardisk tersebut dengan SSD. Karena hanya berisi chip didalamnya SSD memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan HDD. Hal ini cukup berguna untuk mengurangi berat yang ada pada laptop jika sobat mengupgrade media penyimpanan Laptop sobat dengan SSD.

4. Tahan Guncangan. Pada umumnya hardisk yang masih menggunakan piringan didalamnya harus dijauhkan dari guncangan karena piringan yang ada didalam hardisk sangatlah sensitif terhadap guncangan. Hal itu disebabkan oleh piringan yang berputar dan banyaknya mekanikal yang akan rusak saat terkena goncangan. Berbeda dengan SSD yang tidak ada gerakan atau mekanikal apapun didalamnya membuat SSD ini tahan dari segala goncangan.

5. Hemat Daya Listrik. Penggunaan SSD bisa lebih menghemat daya baterai laptop atau daya yang ada pada Komputer karena memang SSD tidak memerlukan daya listrik yang begitu besar seperti yang terjadi dalam Hardisk pada umumnya.

Kekurangan dari SSD (Solid State Drive)

1. Harganya Cukup Mahal. Sudah bisa dipastikan bahwa harga dari SSD ini memang jauh lebih mahal dibandingkan HDD. Hal ini lah yang membuat banyak orang enggan menggunakan SSD pada perangkat PC atau Laptop mereka. Harga dari SSD yang memiliki ukuran 120GB saja sama dengan Hardisk yang memiliki ukuran penyimpanan 1GB. Maka tentunya jika orang yang memiliki budget terbatas dan lebih mengutamakan penyimpanan, mereka akan memilih hardisk.

2. Umur SSD Lebih Pendek. Jika dibandingkan dengan HDD dalam penggunaan yang sama maka umur SSD bisa dipastikan lebih pendek. Karena memang siklus read and write yang ada di SSD ini sendiri lebih pendek daripada hardisk.


Itulah sobat pembahasan mengenai Solid State Drive beserta kelebihan dan kekurangannya daripada Hardisk/ Untuk sobat yang ingin merasakan dan lebih mengutamakan performa dalam perangkat komputer atau laptopnya, tidak ada salahnya mencoba media penyimpanan SSD ini karena dijamin performa atau kinerja Komputer sobat akan meningkat secara drastis.

Perlu diingat juga bahwa menggunakan SSD memang meningkatkan performa atau kinerja namun bukan berarti SSD bisa mengatasi lag pada game. Karena pada aktivitas Gaming yang berpengaruh adalah VGA dan kemampuan Prosesor. SSD hanya akan membantu dalam hal booting dan pengaksesan suatu file.

Demikianlah pembahasan mengenai artikel yang berjudul Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan dari SSD (Solid State Drive) ini semoga bisa bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian. Silahkan bagikan artikel ini dengan menggunakan tombol share dibawah dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan dari SSD (Solid State Drive)"

Post a Comment