-->

Apa itu Ransomware dan Cara Mencegahnya

Apa itu Ransomware - Halo sobat semuanya selamat datang di blog saya. Pada artikel kali ini saya sebagai penulis di blog ini akan memberikan sebuah informasi pada kalian mengenai Apa yang dimaksud Ransomware.

Apa yang Dimaksud Ransomware dan Cara Mencegahnya
Apa yang Dimaksud Ransomware dan Cara Mencegahnya


Ransomware merupakan salah satu jenis malware yang pada tahun lalu menyerang banyak jaringan di seluruh dunia, virus ini benar - benar sangat berbahaya dan menyebabkan banyak sekali kerugian karena virus ini akan meminta korbannya untuk membayar dengan sejumlah uang.

Lalu bagaimanakah Cara Kerja Ransomware ?


Komputer yang terkena Ransomware akan dikunci termasuk dengan file-file penggunanya dan untuk membebaskannya korban harus memberikan tebusan berupa uang pada pembuat virus tersebut. Virus ini telah melumpuhkan jaringan di dalam rumah sakit, kantor pemerintah, serta perusahaan - perusahaan besar.

Apa itu malware dan  ransomware?


Malware merupakan sebuah program berbahaya yang memiliki kemampuan untuk merusak sistem didalam komputer. Ransomware ialah salah satu jenis malware yang pada mampu mengambil alih kendali atas sebuah sistem komputer kemudian bisa mencegah penggunanya untuk mengakses data hingga penggunanya membayar tebusan yang sudah ditentukan

Bagaimana sebuah komputer bisa terinfeksi oleh ransomware ?


Kebanyakan kasus menyebarnya ransomware disebabkan oleh tautan atau lampiran yang di sertakan dalam sebuah email phising yang memancing para pengguna untuk mengkliknya.

Seperti yang kita ketahui bahwa kita tidak dianjurkan untuk melakukan klik pada tautan yang di lampirkan pada E-Mail. Kemudian setelah banyak beredarnya virus ransomware ini sebuah perusahaan yang berpusat pada san jose, california, akhirnya merilis aplikasi anti-ransomware.

Virus Ransomware ini umumnya tersembunyi dalam sebuah tautan atau lampiran yang ada dalam email. Begitu pengguna mengklik tautan atau membuka dokumen, maka virus yang tersembunyi didalamnya akan mulai menginfeksi komputer korban dan mengambil alih sistemnya.

Tetapi beberapa dari seranga ransomware yang terjadi, termasuk wannacry, meminjam kode national security agency yang dibocorkan yg memungkinkan software itu untuk dapat menyebar dengan cepat pada jaringan komputer sebuah organisasi.

Cara mencegah serangan Ransomware

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah selalu waspada. Kalian harus benar - benar memperhatikan pesan-pesan email yang seringkali menyamar seolah-olah dari asal perusahaan atau orang yang sering berinteraksi dengan kalian di dunia maya. Hal penting yang harus kalian lakukan juga adalah kalian harus menghindari mengklik tautan atau membuka lampiran berasal pesan-pesan yang mencurigakan itu, karena bisa mengaktifkan malware yang tersimpan didalamnya.

Kalian juga harus selalu melakukan update pada aplikasi anti virus yang ada pada komputer kalian karena dengan software Antivirus yang terupdate maka virus Ransomware ini akan dengan mudah dapat diatasi dengan kemampuan Antivirus saat ini. Karena pada beberapa kasus serangan ransomware ini komputer yang menjadi korban adalah komputer yang tidak pernah melakukan pembaruan terhadap software antivirus yang ada dalam komputer mereka.

Nah sobat itulah beberapa hal mengenai virus Ransomware yang bisa kalian mengerti. Setelah kalian membaca artikel ini saya harap tidak ada lagi yang akan menjadi virus Ransomware yang berbahaya. Demikian apa yang bisa saya berikan pada kalian tentang Apa yang Dimaksud Ransomware dan Cara Mencegahnya. Terimakasih sudah berkunjung jangan lupa untuk share dan tinggalkan komentar dibawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu Ransomware dan Cara Mencegahnya"

Post a Comment